Peningkatan Kemampuan Bekerjasama Dalam Belajar Mengenal Lambang Bilangan Romawi Melalui Metode Cooperatif Learning Pada Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri Soneyan 03 Tahun Pelajaran 2014/2015

Widawati, Nur and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2015) Peningkatan Kemampuan Bekerjasama Dalam Belajar Mengenal Lambang Bilangan Romawi Melalui Metode Cooperatif Learning Pada Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri Soneyan 03 Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI NUR WIDAWATI.pdf

Download (338kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatan Kemampuan Bekerjasama Dalam Belajar Mengenal Lambang Bilangan Romawi pada siswa kelas IV SD Negeri Soneyan 03 Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Cooperative Learning. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa peningkatan kemampuan bekerjasama dari pra siklus 32% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 72% yang meningkat lagi ke siklus II sebesar 88%. Peningkatan kemampuan bekerjasama berdampak pula pada meningkatnya hasil belajar siswa yang dapat dijelaskan dari pra siklus yang mencapai sebesar 32%, meningkat sebesar 64% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 80% berarti sudah 80% siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (70) sehingga sudah memenuhi indikator pencapaian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama dalam belajar mengenal lambang bilangan Romawi pada siswa kelas IV SD Negeri Soneyan 03

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bekerjasama, Lambang Bilangan Romawi, Cooperative Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 23 Nov 2015 09:04
Last Modified: 11 Oct 2021 02:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39582

Actions (login required)

View Item View Item