Kusiah, Kusiah and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2015) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Dengan Media Gambar Siswa Kelas I SDN Kajen Margoyoso Pati Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (322kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN A54E131007 KUSIAH MEDIA GAMBAR.pdf Download (566kB) |
|
PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (815kB) |
Abstract
Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengenai penjumlahan dan pengurangan rendah. Untuk itu penelitian ini dilaksanakan. Tujuan skripsi ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar matematika mengenai penjumlahan dan pengurangan dengan media gambar pada siswa kelas I semester genap SD Negeri Kajen Margoyoso Pati Tahun 2014/2015. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti mendasarkan pada teori-teori dan pengertian yang terkait dengan peningkatan motivasi belajar matematika mengenai penjumlahan dan pengurangan dengan media gambar. Penilitian tindakan kelas ini melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas I SD Negeri Kajen Margoyoso Pati. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknis analisis data menggunakan analisis interaktif. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber atau data. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat. Pada kondisi awal sebelum menggunakan media gambar ketuntasan motivasi belajar siswa 21,87%. Setelah menggunakan media gambar pada siklus I ketuntasan motivasi belajar siswa meningkat yaitu 62,5%. Karena belum tercapai yang di harapkan peneliti maka dilanjutkan siklus II. Dalam siklus II ketuntasan motivasi belajar siswa meningkat menjadi 81,25%. Ketercapaian ketuntasan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 18,75 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar matematika mengenai penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I SDN Kajen Margoyoso Pati Tahun 2014/2015
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, pembelajaran matematika, media gambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 07:02 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39578 |
Actions (login required)
View Item |