Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswakelas III Semester II SDN Jontro Tahun Pelajaran 2014/2015

Kristiyono, Agus and , Dra. Sri Gunarsih, SH., M.H. (2015) Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswakelas III Semester II SDN Jontro Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (592kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini adlah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika pecahan sederhana melalui starategi Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian yang digunakan adalah PTK. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes evaluasi, wawancqara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas III dan guru SDN Jontro pada bulan Januari - Maret 2015. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus I dilakukan dua pertemuan dan siklus II dua pertemuan. Subjeknya siswa kelas III SDN Jontro yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 12 perempuan dengan objek penelitiannya adalah motivasi belajar siswa serta strategi Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Indikator motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan sederhana adalah sebagai berikut (1) Memiliki gairah yang tinggi; (2) Memiliki penasaran/rasa ingin tahu yang tinggi; (3) Mampu “jalan sendiri” ketika guru meminta siswa mengerjakan sesuatu; (4) Memiliki rasa percaya yang tinggi; (5) Memiliki kesabaran dan daya juang yang tinggi. Tehnik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa kelas III SDN Jontro setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME)..Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui motivasi belajar siswa masih rendah yaitu sebesar 42,2%. Pada siklus I motivasi siswa meningkat menjadi 68,8%. Di siklus II motivasi belajar meningkat lagi menjadi 82,2%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dengan strategi Realistic Mathematic Education (RME.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi matematika; strategi Realistic Mathematic Education (RME).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 16 Nov 2015 03:44
Last Modified: 11 Oct 2021 01:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39449

Actions (login required)

View Item View Item