Analisis Kesesuaian Soal Ulangan Akhir Semester IPS Terpadu Dengan Implementasi Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 1 Sambi Boyolali

Harlina, Siti Hidayati and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2015) Analisis Kesesuaian Soal Ulangan Akhir Semester IPS Terpadu Dengan Implementasi Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 1 Sambi Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (625kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tinggi rendahnya validitas dan reliabilitas butir soal dan megetahui seberapa baik tingkat kesukaran serta daya pembeda butir soal UAS IPS Terpadu pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sambi Boyolali tahun ajaran 2014/2015, serta untuk mengetahui kesesuaian penerapan evaluasi dengan kriteria evaluasi menurut kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatory. Populasi subjek dalam penelitian ini yaitu semua butir soal beserta kunci jawaban dan lembar jawab siswa. Sedangkan populasi objeknya adalah seluruh siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 1 Sambi Boyolali. Teknik penentuan sampel menggunakan proporsional random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Uji prasayarat adalah Uji Normalitas. Teknik analisis data menggunakan rumus validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, daya pembeda serta Uji One Sample T-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data Validitas Isi didalam butir soal ulangan akhir semester gasal untuk mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 1 Sambi Boyolali seluruh soal (100%) sesuai dengan materi pada silabus kurikulum 2013. Sedangkan pada Validitas Konstruksi terdapat 68% butir soal yang telah valid dan 32% butir soal yang invalid. Bahwa nilai Alpha Cronbach' nilai r = 0,839 > r tabel = 0,195 maka dapat dinyatakan Reliabel. Tingkat kesukaran dalam klasifikasi sukar adalah 10%, 60% sedang serta 30% mudah (dengan catatan terdapat 2 nomor soal atau 4% terdapat soal yang memiliki jawaban tersedia benar semua). Daya pembeda terdapat 34% butir soal yang diklasifikasikan jelek (dengan catatan terdapat 2 nomor soal atau 4% terdapat soal yang memiliki jawaban tersedia benar semua), 26% cukup, 32% baik dan 8% baik sekali. Uji one sample t-test adalah 0,269 < 2.045 atau 0,269 > dari nilai probabilitas (Sig) yaitu 0,05 sehingga Ho diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesesuaian Soal, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:12
Last Modified: 12 Oct 2021 04:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39397

Actions (login required)

View Item View Item