Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Intensifmelalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sriwedari 01 Semester Iitahun Pelajaran 2014/2015

Jamaati, Suprihatin and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Intensifmelalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sriwedari 01 Semester Iitahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (888kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (360kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar bahasa Indonesia karena disebabkan oleh kurang menyukai materi yang disampaikan, kurang tertariknya terhadap pelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia tentang membaca intensif melalui metode diskusi pada siswa kelas IV semester II SD Negeri Sriwedari 01 tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama melalui metode diskusi biasa dan siklus kedua menggunakan metode diskusi yang sesungguhnya. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sriwedari 01, dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 20 siswa, terdiri dari 13 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki dan objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dan penggunaan metode diskusi. Tehnik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi (pengamatan), dokumentasi, dan catatan lapangan. Tehnik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan cara penskoran dan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 23 dan prosentase 61% dengan kategori baik dan siklus II mempeoleh rata-rata skor 32.dan prosentase 82 dengan kategori sangat baik. Data hasil penggunaan metode diskusi pada siklus I memperoleh rata-rata skor 28 dan 68% dengan kategori baik dan siklus II memperoleh rata-rata skor 37 dan prosentase 90% dengan kategori sangat baik. Siklus I memperoleh prosentase ketuntasannya 60% atau 12 siswa yang tuntas dan siklus II ketuntasannya menjadi 90% atau 18 siswa yang tuntas. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Sriwedari 01 semester II tahun pelajaran 2014/2015 pada pelajaran Bahasa tentang membaca intensif dapat ditingkatkan melalui metode diskusi dan penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan kegiatan pembelajran baik kegiatan awal, inti maupun kegiatan akhir sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan pembelajran Bahasa Indonesia di SD.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Bahasa Indonesia, Metode Diskusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 10 Nov 2015 05:25
Last Modified: 11 Oct 2021 01:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39344

Actions (login required)

View Item View Item