NINGSIH, Suprihatin and , Dr. Siti Chalimah, M.Pd. (2015) Kesesuaian Penilaian Proses Buku Guru Dengan Buku Siswa IPS Terpadu SMP Kelas VII Semester II Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (712kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (196kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Download (84kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (382kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
Abstract
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis karakter, yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, dimana peserta didik dituntut untuk paham materi, aktif dalam proses berdiskusi, presentasi, memiliki sopan santun, dan sikap disiplin yang tinggi. Penilaian proses kurikulum 2013 menggunakan penilaian autentik (autentic assesment) yang mencakup penilaian pengetahuan (afektif), penilaian pengetahuan (kognitif) dan penilaian ketrampilan (psikomotorik). Sebagai upaya persiapan kurikulum ini pemerintah mengeluarkan buku guru dan siswa. Dalam buku ini terdapat penilaian yang digunakan guru untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh data mengenai kesesuaian penilaian proses pada buku guru dan siswa IPA terpadu SMP Kelas VII semester II dalam Kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi (ceklist instrumen). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu teknik penelitian yang telah menganalis data berdasarkan klasifikasi, identifikasi, menginterprestasi dan menyimpulkan hasil data dalam bentuk kalimat deskriptif secara terperinci dan apa adanya. Hasil analisis yang telah dilakukan dapat tingkat kesesuai penilain proses buku guru dan siswa bab VI dengan jumlah item 17 atau sebesar 80,95% masuk dalam kategori sangat baik; bab VII dengan jumlah item 14 atau sebesar 73,68% masuk dalam kategori baik; bab VIII dengan jumlah item 12 atau sebesar 60% masuk dalam kategori baik; bab IX dengan jumlah item 18 atau sebesar 75% masuk dalam kategori baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum 2013, penilaian proses, deskriptif kualitatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 09 Nov 2015 05:46 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 15:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39317 |
Actions (login required)
View Item |