Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Ponsel Merek Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Kusuma, Bintar Arum and , Drs. Sujadi, M.M. (2015) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Ponsel Merek Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (25MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian ponsel merek Samsung, pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Sampel penelitian adalah 100 mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Surakarta yang menggunakan atau pernah menggunakan ponsel merek Samsung. Teknik sampel menggunakan Accidental Sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian diketahui persamaan regresi linier berganda Y=4,050+0,179X1+0,220X2+0,304X3+0,258X4. Variabel budaya, social, pribadi, dan psikologis secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian ponsel merk Samsung dengan p< 0,05. variabel budaya, social, pribadi, dan psikologis secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian ponsel merk Samsung dengan Ftest = 44,655 >F tabel = 2,53. Nilai R2= 0,653 artinya keputusan membeli ponsel merk Samsung dapat dijelaskan oleh variabel independen, yaitu faktor budaya (X1), variabel faktor-faktor sosial (X2), variabel pribadi (X3), dan faktor psikologis (X4) sebesar 65,3%. Keputusan pembelian yang dilakukan oleh responden pada ponsel merek Samsung paling banyak dipengaruhi oleh faktor pribadi, dimana situasi ekonomi sangat mempengaruhi dalam keputusan pembelian produk. Jika situasi ekonomi sedang buruk atau menurun, maka responden akan menunda atau memutuskan tidak membeli produk yang diinginkan. Penelitian yang penulis lakukan memiliki hasil sama dengan penelitian terdahulu yang menggunakan variabel serupa. Kata kunci: keputusan pembelian, budaya, sosial, pribadi, psikologis, handphone.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keputusan pembelian, budaya, sosial, pribadi, psikologis, handphone.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username b100100259
Date Deposited: 04 Nov 2015 09:13
Last Modified: 11 Oct 2021 05:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39035

Actions (login required)

View Item View Item