Biliyanti, Anisa and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika (Ptk Pada Siswa Kelas Viii Semester Ganjil Smp N 2 Gatak 2015/ 2016). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (403kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (518kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (186kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Index Card Match dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep belajara matematika s iswa. Pendekatan penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru berkolabolasi dengan peneliti sebagai subyek pemberi tindakan, dan siswa kelas VIII A SMP N Gatak Sukoharjo yang berjumlah 28 siswa. Teknik Pengumpulan data meliputi observasi, catatan lapangan, catatan lapangan dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep belajar matematika siswa. Hal ini dapat ditunjukan melalui indikator motivasi belajar meliputi: 1) Siswa yang memiliki kemauan untuk mengerjakan soal 18 orang (64,28%), 2) Siswa memiliki kemauan memperhatikan penjelasan guru sebanyak 17 orang (60,71%), 3) Siswa yang memiliki keberanian bertanya pada guru tentang hal yang belum diketahui sebanyak 19 orang (67,85%). Pada siklus ini juga diperloleh data tentang kemampuan pemahaman konsep matematika siswa: 1) Menyatakan ulang sebuah konsep 20 orang (71,42%), 2) Siswa mampu menerapkan metode dari konsep materi yang dipelajari 18 orang (64,28%). Sehingga dapat disimpulkan metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, pemahaman konsep belajar siswa, strategi pembelajaran index card match |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username a410110069 |
Date Deposited: | 04 Nov 2015 02:02 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38986 |
Actions (login required)
View Item |