KEBUDAYAAN YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL SAMITA: BINTANG BERPIJAR DI LANGIT MAJAPAHIT KARYA TASARO: TINJAUAN ANTROPOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

Rohma Dhoni, Marlina and , Prof. Nafron Hasjim and , Drs. Adyana Sunanda, M.Hum. (2015) KEBUDAYAAN YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL SAMITA: BINTANG BERPIJAR DI LANGIT MAJAPAHIT KARYA TASARO: TINJAUAN ANTROPOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI .pdf

Download (348kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (399kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun novel SBBdLM, unsur kebudayaan yang terkandung novel SBBdLM karya Tasaro, dan implementasi hasil penelitian novel SBBdLM karya Tasaro dalam pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah unsur kebudayaan yang terkandung dalam novel Samita: Bintang Berpijar Di Langit Majapahit melalui tinjauan antropologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa paragraf yang mengandung informasi tentang struktur dan unsur kebudayaan yang ada dalam novel SBBdLM. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, simak dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model pembacaan semiotik, yaitu heuristik dan hermeunitik. Hasil analisis data dapat disimpulan bahwa unsur-unsur yang membangun novel SBBdLM meliputi tema, penokohan, alur dan latar. Tema dalam novel SBBdLM yaitu perjuangan dan menebarkan pesan perdamaian. Alur yang digunakan dalam novel SBBdLM yaitu alur maju progresif. Tokoh dalam novel SBBdLM yaitu Laksmana Ceng Ho, Hui Sing, Juen Sui, Sien Feng, Ki Legowo, Ni Ramya, Sad Respati,dan Dewi Anindhita. Latar waktu yang terjadi adalah tahun Yong Le ke-empat atau pertengahan pertama abad kelima belas (1406M). Latar tempat dalam novel Samita Bintang Berpijar di Langit Majapahit secara umum berlokasi di Jawa dengan beberapa kota kecil seperti, Pelabuhan Simongan dan Gua Gedong Batu di Semarang, Pelabuhan Surabaya, Mojokerto, Tuban, Gresik dan Keraton Majapahit terletak di Trowulan. Sedangkan latar sosial dalam novel ini yaitu terjadi pada masa kerajaan Majapahit berdiri di bawah kekuasaan Prabu Wikramawardhana. Unsur kebudayaan yang terkandung dalam novel Samita: Bintang Berpijar di Langit Majapahit karya Tasaro meliputi: (1) sistem religi dan upacara keagamaan, (2) sistem dan organisasi kemasyarakatan, (3) sistem pengetahuan, (4) bahasa, (5) kesenian, (6) sistem mata pencaharian hidup, dan (7) sistem teknologi dan peralatan. Implementasi unsur intrinsik dan ekstrinsik novel SBBdLM ke dalam pembelajaran sastra di SMA khususnya pada kelas XI dengan SK 7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/ novel terjemahan, dan KD 7.2 Menganalisis unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ novel terjemahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antropologi Sastra, Unsur kebudayaan, Novel SBBdLM
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Unnamed user with username a310100269
Date Deposited: 02 Nov 2015 05:17
Last Modified: 08 Oct 2021 04:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38743

Actions (login required)

View Item View Item