Studi Inklusivitas Ajaran Agama Islam Dalam Pendidikan Multikultural Pondok Pesantren Modern Assalaam Di Surakarta

Larassati, Minten Ayu and , Prof. Dr. Bambang Sumarjoko and , Dr. Abdulah Aly M.Ag (2015) Studi Inklusivitas Ajaran Agama Islam Dalam Pendidikan Multikultural Pondok Pesantren Modern Assalaam Di Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
11. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (590kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[img] PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
9.SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)

Abstract

Eksklusivisme sistem pendidikan Islam di Indonesia termasuk pesantren terjadi dikarenakan terdapat cara pandang yang bersifat klasik-skolastik yang dimiliki para pengelolanya. Oleh sebab itu Islam dikembangkan di Indonesia adalah Islam yang ramah, terbuka, inklusif, dan mampu memberikan solusi terhadap masalah besar bangsa dan negara. Penelitian Studi Inklusivitas Ajaran Agama Islam dalam Pendidikan Multikultural PPMI Assalaam di Surakarta ini bertujuan mendeskripsikan pola, sikap dan budaya inklusif multikultural serta metode pembelajaran PAI agar anak memiliki kesadaran inklusif multikulturalis. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian lapangan menggunakan studi kasus, pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah field research.Adapun subyek penelitian meliputi pola, sikap, budaya dan metode pendidikan. Obyek yang diteliti adalah pola interaksi yang terjadi di PPMI Assalaam dan Guru PAI. Data dari lapangan kemudian dihimpun dan direduksi dengan memilih berdasarkan kesesuaian dengan tema agar dapat ditarik kesimpulan dari setiap rumusan masalah, alur demikian disebut analisis deskriptif kualitatif.Penarikan kesimpulan dilakukan dengan menggunakan teori induktif. Berdasarkan hasil dari analisis, penulis memberikan kesimpulan bahwa PPMI Assalaam adalah lembaga pendidikan dengan karakter pesantren yang berpola inklusif multikultural dengan menonjolnya interaksi inklusif multikulturalis berupa sikap: tâ’at, ukhuwah, ta’ârâf, birr qiyâm bilqiṣṭh, adaptif, hidup moderen (memuat keikhlasan, kedisiplinan, ketertian, menjaga kebersihan, penuh kedamaian, penuh keteladanan), maju terhadap informasi teknologi, mandiri dan tanggung jawab serta tidak berafiliasi dengan golongan tertentu, berakhlakul karimah dan bisa hidup secara berjama’ah. Berupa budaya; membudayakan Al Qur’an dan As Sunnah disegala aspek kehidupan, budaya SIMMPATIK, hidup sebagai pemberi ayoman, assalâm (kedamaian), bertoleransi, hidup moderen (emansipatoris), dan visioner. Metode mendidik adalah dengan menggunakan metode tanya jawab, diskusi, jigsaw, demostrasi, gallery walk, penugasan, card sort, small group discussion, modeling the way, group to group exchange, reword, keteladanan, dan tindakan langsung meliputi arahan, perintah serta teguran.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: inklusif, pendidikan agama Islam, pendidikan multikultural, pola sikap dan budaya, metode pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Oct 2015 06:13
Last Modified: 12 Oct 2021 03:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38352

Actions (login required)

View Item View Item