Peran Ice Breaking Dalam Pembelajaran SD Negeri 02 Tempuran Kecematan Wanayasa Banjarnegara Tahun ajaran 2015-2016

Hidayatuloh, Adil and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2015) Peran Ice Breaking Dalam Pembelajaran SD Negeri 02 Tempuran Kecematan Wanayasa Banjarnegara Tahun ajaran 2015-2016. Skripsi thesis, Universitas Muhamadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (459kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (bab I)
4. BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
1. PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Peran ice breaking dalam pembelajaran SD Negeri 02 Tempuran Wanayasa Banjarnegara , (2) Pemberian ice breaking guru kepada siswa di SD Negeri 02 Tempuran Wanayasa Banjarnegara, (3) Tanggapan siswa terhadap ice breaking di SD Negeri 02 Tempuran Wanayasa Banjarnegara. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan Dokumentasi. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian Deskriptif Kualitatif yaitu menganalisa sebuah fenomena dalam suatu keadaan dengan cara menyimpulkan sebagai hasil analisa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Ice breaking berperan dalam pembelajaran di SD Negeri 02 Tempuran Wanayasa Banjarnegara, ice breaking berperan mencairkan kejenuhan siswa dalam mengikuti pelajaran, membuat siswa kembali fokus kepada guru, membuat siswa antusias kembali dan membuat siswa gembira . (2) Pemberian ice breaking oleh guru dilakukan ketika siswa mulai jenuh dalam pembelajaran, tidak konsentrasi kepada guru, mulai ramai sendiri. Guru tidak memilih mata pelajaran tertentu dalam pemberian ice breaking namun mata pelajaran Matematika dan IPS adalah mata pelajaran yang dimana guru paling sering melakukan ice breaking. Jenis ice breaking yang paling sering di gunakan guru adalah game atau permainan. (3) Tanggapan siswa terhadap ice breaking yang di berikan guru, siswa menjadi fokus kepada guru, siswa konsentrasi kembali dalam pembelajaran, siswa semangat kembali dalm pembelajaran namun siswa menjadi ketagihan dengan ice breaking yang dilakukan guru dan meminta ice breaking terus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ice breaking, Pembelajaran, peran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username a510110218
Date Deposited: 28 Oct 2015 06:18
Last Modified: 13 Oct 2021 02:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38293

Actions (login required)

View Item View Item