Pengembangan Media Pembelajaran Komik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Dampak Aktivitas Manusia Terhadap Lingkungan Alam SISWA SMP KELAS VII

El Yusdianto, Martha and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Dampak Aktivitas Manusia Terhadap Lingkungan Alam SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, Universitas MUhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)

Abstract

Proses belajar mengajar membutuhkan media untuk membantu dalam memahami konsep materi. Peran media dalam pembelajaran akan sangat membantu dalam keefektifan proses pembelajaran, penyampaian informasi, peningkatan pemahaman, dan membuat penyajian informasi lebih menarik. Penggunaan media dalam proses pembelajaran akan menciptakan variasi dalam proses pembelajaran, sehingga siswa tidak akan mudah bosan ketika belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa komik pada materi dampak aktifitas manusia terhadap lingkungan alam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Rsesearch and Development) yaitu, metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut maka diperlukan penelitian yang besifat eksperimen dan penilaian oleh para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik dampak aktifitas manusia terhadap lingkungan alam sebagai media pembelajaran yang dikembangkan dapat dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan melalui hasil uji coba yang menghasilkan nilai rata-rata pretest sebesar 77,06 dan nilai rata-rata posttest sebesar 92,65, yang mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 15,59. Selain dari hasil uji coba tersebut, hasil penelitian ini juga didukung melalui hasil validasi ahli yang menyatakan bahwa media komik ini layak digunakan dalam proses pembelajaran, dengan nilai validasi sebesar 100%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Belajar Mengajar, Variasi Pembelajaran, Media Komik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with username a610110094
Date Deposited: 28 Oct 2015 01:45
Last Modified: 11 Oct 2021 07:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38247

Actions (login required)

View Item View Item