Munawaroh, Siti Masruroh and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag. and , Drs. M. Darojat Ariyanto, M.Ag (2014) Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri Di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (10MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (289MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan karakter sekaligus pengarahan potensi peserta didik melalui sekolah merupakan pilihan yang tepat dan strategis untuk memperbaiki degradasi moral serta krisis multidimensi bangsa ini. SMP IT Nur Hidayah merupakan salah satu sekolah di Surakarta yang melaksanakan pendidikan karakter berbasis potensi diri dengan melibatkan seluruh elemen yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat. Sekolah ini mempunyai visi misi menghasilkan alumni yang cerdas, berkarakter dan religius. Melalui field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif kualitatif ditemukan pendidikan karakter berbasis potensi diri di SMP IT Nur Hidayah diawali dengan proses input siswa untuk mengidentifikasi kemampuan dan latar belakang keluarga siswa sebagai dasar pengembangan strategi internalisasi nilai-nilai yang dikembangkan keseluruh program kegiatan sekolah. Strategi dilaksanakan melalui internalisasi 10 muwaııafat pribadi muslim keseluruh mata pelajaran serta penambahan materi Islamisasi, pengelolaan manajemen sekolah serta pembinaan siswa. Selain itu evaluasi dilaksanakan secara bertahap ke seluruh elemen sekolah baik guru, karyawan, maupun siswa, berupa tes dan non tes. Tes di laksanakan untuk mengevaluasi kompetensi siswa dan guru, sedangkan non tes untuk mengevaluasi kepribadian guru dan siswa melalui observasi, wawancara dan koesioner. Lingkungan keluarga dan masyarakat yang kurang mendukung, belum adanya evaluasi yang relevan dan mendalam untuk mengukur kepribadian siswa, serta masih lemahnya komitment sebagian guru dalam memberikan keteladanan menjadi kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter berbasis potensi diri ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter; Potensi diri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 04:17 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38230 |
Actions (login required)
View Item |