Markhamah, Siti and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd and , Drs. M. Yusron, M.Ag (2015) Implikasi Kebijakan Sekolah Gratis Terhadap Eksistensi Sekolah Menengah Pertama Swasta Islam Di Surakarta Tahun 2010-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (417kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (835kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (301kB) |
Abstract
Akhir-akhir ini Sekolah swasta berhadapan dengan masalah yang terkait dengan permasalahan daya saing untuk mendapatkan murid baru. Rata-rata sekolah swasta mengalami penurunan jumlah animonnya. Penurunan animon siswa ini terkait dengan pola pikir masyarakat orientasinya beralih pada sekolah yang menerapkan program sekolah gratis Didalam penelitian ini penulis akan membahas mengenai impliksi yang dihadapi sekolah swasta Islam terkait kebijakan sekolah gratis yang diterapkan di sekolah-sekolah negeri, hal-hal yang dilakukan sekolah swasta Islam sehingga mampu mempertahankan eksistensinya, dan peroses pembiayaan sekolah swasta Islam untuk meningkatkan kualitas sekolah. Tujuan penulis adalah untuk mengetahui masalah-masalah yang timbul dikarenakan kebijakan sekolah gratis terhadap keberadaan sekolah swasta dan cara mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas social, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara deskriptif analitik. Berdasarkan analisis data penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh kebijakan sekolah gratis terhadap eksistensi sekolah swasta Islam di Surakarta tidaklah terlalu berpengaruh apabila sekolah swasta memiliki program-program unggulan sehingga mampu untuk menarik perhatian dari masyarakat sehingga walaupun biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah negeri pada umumnya, tetapi sekolah swasta tersebut tetap dapat mempertahankan eksistensi dan meningkatkan prestasinya dalam mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta tersebut.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implikasi, Kebijakan Sekolah Gratis, Sekolah Swasta |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 02:41 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 14:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38223 |
Actions (login required)
View Item |