Efektivitas Penggunaan Strategi Poster Session Pada Materi Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Transportasi Darat Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Anisa, Dwi Jayanti and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2015) Efektivitas Penggunaan Strategi Poster Session Pada Materi Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Transportasi Darat Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (776kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
NEW BAB 1.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (BAB II)
NEW BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (BAB III)
NEW BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (BAB IV)
NEW BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] PDF (BAB V)
NEW BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
surat pernyataan publikasi karya ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Setiap proses kegiatan pembelajaran harus memperhatikan strategi yang akan digunakan supaya pembelajaran berjalan dengan aktif dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui efektivitas penggunaan strategi poster session dalam mencapai tujuan pembelajaran pada Materi Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Transportasi Darat Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Kelas VIII Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah eksperimen, siswa Kelas VIII A sampai VIII G SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dengan jumlah 225 siswa. Kelas VIII A sampai VIII G tersebut terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen sebanyak 5 kelas dalam proses kegiatan pembelajarannya menggunakan strategi poster session dan kelas kontrol sebanyak 2 kelas proses kegiatan pembelajarannya menggunakan strategi konvensional (ceramah). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) tujuan pembelajaran di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dapat tercapai pembelajaran karena dikelas eksperimen KKM terendah 83,33. (2) hasil pembelajaran kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu nilai pre-test 61,47 dan nilai post-test 94,61. Kenaikan hasil belajar kelas eksperimen sebanyak 43,14. Hasil belajar kelas kontrol nilai pre-test 60,52 dan post-test 77,18. Kenaikan hasil belajar kelas kontrol sebanyak 16,66 terdapat perbedaan kedua kelas tersebut. Hal ini berarti bahwa strategi poster session lebih efektif dibandingkan strategi konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Strategi Poster Session, Peningkatan hasil pembelajaran.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Anisa Dwi Jayanti
Date Deposited: 20 Oct 2015 03:15
Last Modified: 11 Oct 2021 06:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37893

Actions (login required)

View Item View Item