Ribowo, Ribowo and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2015) Peningkatan Penalaran Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas Vii Semester Genap SMP Al-Islam Pakis Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (899kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (878kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (307kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (840kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (93kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan penalaran dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Al-Islam Pakis dengan pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari 4 pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Validitas data dengan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian, pertama penerapan strategi pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan penalaran dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Al-Islam Pakis. Kedua peningkatan penalaran matematika yaitu 1) siswa yang mampu mengajukan dugaan kondisi awal 12 anak (42,85%), Siklus I menjadi 14 anak (50,00 %). Siklus II 23 menjadi anak (82,14%). 2)siswa mampu melakukan manipulasi matematika kondisi awal sebesar 10 siswa (35,71%), Siklus I menjadi 13 siswa (46,42%) dan siklus II menjadi 20 siswa (71,43%). 3) siswa yang mampu menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi kondisi awal sebesar 5 siswa (17,86 %), siklus I menjadi 10 siswa (35,71%) dan siklus II menjadi 18 siswa (64,28%). Ketiga peningkatan hasil belajar matematika kondisi awal 10 siswa (35,71%), siklus I mebjadi 13 siswa (46,42%) dan siklus II menjadi 20 siswa (71,43%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | belajar matematika, discovery learning, penalaran matematika, hasil belajar. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QH Natural history Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ribowo |
Date Deposited: | 15 Oct 2015 06:58 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 16:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37794 |
Actions (login required)
View Item |