Prananingrum, Angghi and , Rini Lestari, S.Psi, M.Si. (2015) Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Empati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf Download (985kB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf Download (651kB) |
Abstract
Empati adalah suatu kemampuan untuk memasuki dan memahami dunia orang lain, merasakan dan menangkap perasaan orang lain, meletakkan diri individu pada apa, bagaimana, latar belakang perasaan dan pikiran orang lain serta berbuat sesuatu untuk meringankan penderitaan orang lain. Munculnya empati pada sesorang dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu salah satunya adalah pola asuh dalam keluarga. Keluarga sebagai lingkungan dimana seseorang tumbuh dan berkembang memiliki peranan yang sangat penting bagi penyesuaian diri seseorang. Keluarga merupakan wadah untuk membentuk karakteristik dan penyesuaian diri seseorang, oleh karena itu pola asuh orang tua juga sangat berperan penting dalam membentuk empati seseorang. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dengan empati pada siswa SMA. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara pola asuh demokratis dengan empati. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa - siswi kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas XI MIA 1, XI MIA 3, dan XII IIS 2 yang berjumlah 95 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Alat ukur menggunakan skala pola asuh demokratis dan skala empati. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment Pearson. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment Pearson maka diperoleh hasil nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,918 dengan p value = 0,000 < 0,01 yang berarti ada hubungan positif sangat signifikan antara pola asuh demokratis dengan empati pada siswa SMA. Berdasarkan hasil analisis diketahui variabel pola asuh demokratis mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 131,33 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 115 yang berarti pola asuh demokratis subjek penelitian tergolong tinggi. Variabel empati mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 121,87 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 107,5 yang berarti empati pada subjek penelitian tergolong tinggi. Sumbangan efektif pola asuh demokratis terhadap empati sebesar 84,3% yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi (0,918)2 dikali 100%. Hal ini menunjukkan variable pola asuh demokratis mempengaruhi variabel empati.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Empati, pola asuh demokratis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 28 Sep 2015 07:26 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 22:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37512 |
Actions (login required)
View Item |