Kesara Putri, Syukrilla and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd AUD and , Wiji Astuti, S Pd., M.Hum. (2015) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Kunti Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (843kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
PDF (BAB III)
bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf Download (229kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
Abstract
Metode Bercerita dengan Boneka Tangan merupakan metode yang menarik dan menyenangkan bagi anak usia dini yang akan belajar berbahasa dan berkomunikasi dengan orang lain. Realitas yang terjadi didalam kegiatan belajar di Taman Kanakkanak guru masih menggunakan metode monoton dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik atau berbahasa anak.Metode yang digunakan tidak mengajak untuk anak ikut berperan aktif dalam setiap kegiatan yang diberikan guru, anak hanya duduk dimeja dan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Kunti. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur kerja 2 (dua) siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Subyek penelitian ini adalah guru dan 16 anak kelompok B TK Pertiwi Kunti. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistikanak di TK Pertiwi Kunti, Andong, Boyolali. Adapun peningkatan rata-rata prosentase kecerdasan verbal linguistk anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni Pra siklus 42,03%, Siklus I mencapai 61,56% dan siklus II mencapai 82,50%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan terhadap kecerdasan verbal linguistik anak dengan menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan di TK Pertiwi Kunti Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan verbal linguistik, metode bercerita dengan boneka tangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syukrilla Kesara Putri |
Date Deposited: | 09 Sep 2015 05:47 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 06:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37356 |
Actions (login required)
View Item |