Istiqlalia, Nafsiyatul and , Minsih (2015) Pengaruh Komunikasi Keluarga Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Gunung Tumpeng 1 Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (345kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (584kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (92kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gunung Tumpeng 1 Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015, 2) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gunung Tumpeng 1 Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015, 3) mengetahui pengaruh komunikasi keluarga dan disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gunung Tumpeng 1 Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gunung Tumpeng 1 Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Variabel independen yaitu komunikasi keluarga dan disiplin belajar dan variabel dependen yaitu prestasi belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket dan observasi. Teknik Pengujian Instrumen yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Komunikasi keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri Gunung Tumpeng 1 Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. 2) Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri Gunung Tumpeng 1 Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. 3) Komunikasi keluarga dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri Gunung Tumpeng 1 Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. 4) Variabel komunikasi keluarga memberikan sumbangan efektif 24,4%. Variabel Variabel komunikasi keluarga memberikan sumbangan efektif 23%. Variabel disiplin belajar memberikan sumbangan efektif 10,9%. sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 33,9%, sedangkan 60,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi keluarga, disiplin belajar, Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nafsiyatul Istiqlalia |
Date Deposited: | 10 Sep 2015 03:50 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 06:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37352 |
Actions (login required)
View Item |