Penerapan Strategi Jigsaw Untuk Pembelajaran Materi Masalah Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulangannya

Dyta Arshita, Astrit and , Drs. Muhammad Musiyam, M.TP (2015) Penerapan Strategi Jigsaw Untuk Pembelajaran Materi Masalah Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulangannya. Skripsi thesis, Universitas MUhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (397kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN AWAL.pdf

Download (463kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP AL ISLAM Kartasura Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Salah satunya yaitu strategi jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan siswa dan hasil belajar siswa menggunakan strategi jigsaw yang di modifikasi pada materi masalah lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya pada siswa kelas VIII SMP AL Islam Kartasura. Metode penelitian ini adalah eksperimen, pada siswa kelas VIIIA dan kelas VIIIB dengan jumlah siswa sebanyak 64 siswa. Kedua kelas tersebut dibagi menjadi satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas kontrol menggunakan strategi konvensional (ceramah), sedangkan kelas eksperimen menggunakan strategi jigsaw modifikasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi jigsaw modifikasi pada materi masalah lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya menunjukkan adanya selisih hasil pembelajaran yaitu sebesar 9,4 pada kelas kontrol dan 11,3 pada kelas eksperimen. Rata-rata keaktifan siswa menunjukkan bahwa strategi jigsaw modifikasi lebih efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa yaitu sebesar 6,25 dibandingkan dengan metode konvesional (ceramah) sebesar 3,19.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi jigsaw, keaktifan siswa, hasil belajar siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Astrit Dyta Arshita
Date Deposited: 01 Sep 2015 04:58
Last Modified: 11 Oct 2021 05:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37276

Actions (login required)

View Item View Item