Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) Pada Siswa Kelas IVB SD Negeri 02 Pulosari Tahun Pelajaran 2014/2015

Faridah, Eni and , Minsih (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) Pada Siswa Kelas IVB SD Negeri 02 Pulosari Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
01. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (725kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
02. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (653kB)
[img] PDF (BAB I)
03. BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (BAB II)
04. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (BAB III)
05. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (BAB IV)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img] PDF (BAB V)
07. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
11. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)

Abstract

Masalah sebagai latar belakang penelitian adalah rendahnya motivasi siswa yang terlihat dari rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan strategi Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas IVB SD Negeri 02 Pulosari. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 02 Pulosari yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, catatan lapangan dan wawancara. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan 33,34%; kemudian pada siklus I menjadi 40,83%; naik menjadi 81,67% pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IVB SD Negeri 02 Pulosari tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan motivasi belajar, strategi Think Talk Write (TTW)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eni Faridah
Date Deposited: 07 Aug 2015 02:09
Last Modified: 06 Oct 2021 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36451

Actions (login required)

View Item View Item