Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Jumlah Tanggungan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015

Trijayanti, Nur Asyita and , Prof. Harsono, SU., (2015) Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Jumlah Tanggungan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (988kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (870kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh jumlah tanggungan orang tua terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi; 2) Pengaruh prestasi belajar siswa terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi; 3) Pengaruh jumlah tanggungan orang tua dan prestasi belajar siswa terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 198 siswa, kemudian diambil sampel 127siswa, teknik pengabilan sampel adalah Proportional Random Sampling. Instrumen penelitiannya adalah angket. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan dokumentasi. Sebelumnya dilakukan penelitian, angket telah diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F,uji R2, serta Sumbangan relatif dan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y = 16,997 + 0,256 X1 + 0,363 X2 yang artinya minat melanjutkan ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh jumlah tanggungan orang tua dan prestasi belajar. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah : 1) Ada pengaruh yang signifikan jumlah tanggungan orang tua terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung> ttabel, yaitu 4,520 > 1,979 (α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,907 > 1,979 (α = 5%) dan signifikansi < 0,05 yaitu 0,004. 3) Ada pengaruh yang signifikan jumlah tanggungan orang tua dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 21,361 > 3,069 pada signifikansi 5%. 4) Variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 5,3%dan sumbangan efektif 5%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 45,3% dan sumbangan efektif 20,6%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,256, berarti 25,6% minat melanjutkan ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh jumlah tanggungan orang tua dan prestasi belajar, sisanya sebesar 74,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini tidak berbeda jauh dengan beberapa penelitian serupa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Tanggungan Orang Tua, Prestasi Belajar, Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: NUR ASYITA TRIJAYANTI
Date Deposited: 07 Aug 2015 01:51
Last Modified: 12 Oct 2021 03:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36444

Actions (login required)

View Item View Item