FITRIANA , ANGGUN (2009) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI I BATANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A210030071.pdf Download (80kB) |
|
PDF
A210030071.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri I Batang tahun pelajaran 2008/2009. 2) Untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab siswa terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri I Batang tahun pelajaran 2008/2009. dan 3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar perpustakaan sekolah dan tanggung jawab siswa terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri I Batang tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pemanfaatan sumber belajar sebagai variabel bebas 1 (X1) dan tanggung ajwab siswa sebagai variabel bebas 2 (X2) serta prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri I Batang tahun pelajaran 2008/2009 berjumlah 185 orang. Sampel yang diambil sebanyak 43% dari 185 orang dari populsi jadi sebesar 80 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang terdiri dari metode angket dan dokumentasi serta metode bantu yang berupa metode interview atau wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Serta pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t uji F dan mencari sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil bahwa: 1) dari hasil uji t diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri I Batang tahun pelajaran 2008/2009, terbukti nilai t hitung (4,664) > ttabel (1,960). 2) dari hasil uji t diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel tanggung jawab siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri I Batang tahun pelajaran 2008/2009, terbukti nilai t hitung (4,544) > ttabel (1,960). Dan 3) dari hasil analisis uji F diketahui bahwa secera bersamaan atau serentak terbukti kedua variabel bebas (pemanfaatan sumber belajar dan tanggung jawab siswa) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri I Batang tahun pelajaran 2008/2009, terbukti dari nilai Fhitung (27,160) > Ftabel (1,50).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : pemanfaatan sumber belajar, tanggung jawab, prestasi siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 17 Jul 2009 07:50 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 12:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3631 |
Actions (login required)
View Item |