Pratama, Anasta Rohhita and , Ratnasari Diah Utam (2015) Pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 3 Soka Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (302kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (726kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1.pdf Download (170kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
pdf.Surat Pernyataan Publikasi.pdf Download (506kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas komunikasi keluarga dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 SD Negeri 3 Soka tahun ajaran 2014/2015. Populasi dan sample yang diteliti adalah seluruh siswa kelas 5 SD Negeri 3 Soka. Pengkumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan angket sebagai sumber penelitian. Untuk menguji instrument dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian dilakukan uji prasyarat anaslisis yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji linear berganda, uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis 1 dan 2 atau uji t diperoleh t_(hitung ) sebesar 2,240 dan 2,745 sedangkan t_(tabel ) sebesar 2,052. Pada uji F dengan menghitung hipotesis ke-3 diperoleh Ftabel sebesar 37,511 dan Fhitung sebesar 3,39. Dengan demikian, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh intensitas komunikasi keluarga dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Soka. Sumbangan Relatif dan Sumbangan Efektif pada intensitas komunikasi keluarga sebesar SR = 44,84% dan SE = 32,95%. Pada disiplin belajar sebesar SR = 51,91% dan SE = 41,09%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa disipli belajar memiliki pengaruh lebih besar terhadap prestasi belajar dibanding intensitas komunikasi keluarga.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi, belaja intensitas, komunikasi, keluarga. disiplin, belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Anasta Rohhita Pratama |
Date Deposited: | 06 Aug 2015 02:14 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 06:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36156 |
Actions (login required)
View Item |