Alistina, Jevi and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2015) Peningkatan Koneksi Matematika Melalui Model Discovery Learning Berbasis Brainstorming Pada Siswa Kelas VIII-H Semester Genap SMP Negeri 5 Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel Publikasi Ilmiah.pdf Download (648kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Awal.pdf Download (913kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I .pdf Download (88kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan koneksi matematika dengan menerapkan model discovery learning berbasis brainstorming pada siswa kelas VIII-H SMP Negeri 5 Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru dan peneliti. Siswa kelas VIII-H berperan sebagai subyek penerima tindakan, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adanya peningkatan koneksi matematika yang dapat dilihat dari indikator yaitu: 1) mampu mengenali dan menggunakan hubungan antara ide-ide matematika, 23,5% sebelum tindakan, setelah tindakan 73,5%. 2) mampu memahami bagaimana gagasan dalam matematika saling berhubungan dan mendasari satu sama lain untuk menghasilkan kesatuan yang utuh 26,5% sebelum tindakan, setelah tindakan 70,6%. 3) mampu mengenali dan menerapkan matematika dalam konteks di luar matematika, 26,5% sebelum tindakan, setelah tindakan 70,6%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbasis brainstorming dapat meningkatkan koneksi matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | koneksi matematika, discovery learning, brainstorming |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | JEVI ALISTINA |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 06:27 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 15:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35742 |
Actions (login required)
View Item |