PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS PADA KELAS I DI SD PLUS AL-FIRDAUS SURAKARTA TAHUN 2008/2009

Rachmawati, Yuni (2009) PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS PADA KELAS I DI SD PLUS AL-FIRDAUS SURAKARTA TAHUN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000060039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Microsoft Word
G000060039.doc

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF
G000060039.pdf

Download (176kB)

Abstract

Pengelolaan kelas dan pengajaran adalah dua kegiatan yang sangat erat hubungannya, namun dapat dan harus dibedakan satu sama lain karena tujuannya berbeda. Kalau pengajaran mencakup semua kegiatan yang secara langsung dimaksudkan untuk mencapai tujuan-tujuan khusus pengajaran. Pengelolaan kelas menunjukkan kepada kegiatan-kegiatan yang mencakupdan memperhatikan kondisi yan optimal bagi terjadinya proses belajar-mengajar. Sekolah Dasar Plus Al Firdaus adalah salah satu lembaga pendidikan dasar unggulan bercirikan Agama Islam yang menerapkan pengelolaan kelas. Dengan kurikulum yang menyatu dengan keislaman, tenaga kependidikan yang profesional, pengelolaan kelas yang sesuai dengan kebutuhan anak, pengelolaan keuangan yang rapi dan transparan, sarana parasarana yang memadai, pengelolaan kemasyarakatan yang solid, serta layanan khusus yang mamadai. Permasalahan yang diambil adalah bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas pada kelas I di SD Plus Al Firdaus Surakarta serta faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan kelasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan kelas di SD plus Al Firdaus Surakarta tahun 2008/2009. serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan pengelolaan kelas di SD plus Al Firdaus Surakarta tahun 2008/2009. manfaat penelitian diharapkan dapat memberikan pandangan teoritik bagi pengembangan pengelolaan kelas di SD plus Al Firdaus Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan (Field Research), objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakaur Kurikulum, Staf Pengajar, Karyawan. Untuk memperoleh data penelitian ini dengan observasi, Wawancara dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan atau lesan. Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat digunakan analisis SWOT (Strength, Weaknes, Opportunity, Treath). Penelitian ini mengungkapkan bahwa, pelaksanaan pengelolaan kelas pada kelas I di SD plus Al Firdaus Surakarta yang menyangkut pengelolaan siswa, sudah berusaha menerapkan pengelolaan kelas sesuai dengan teori-teori yang ada tentang pengelolaan kelas. Sedangkan yang menyangkut dengan fisik kelas SD Al Firdaus sudah mengelola kelas dengan baik dan kenyamanan siswa di dalam kelas sudah tercipta. Hal ini disebabkan karena adanya keseimbangan antara tenaga pendidik dengan peserta didik dan sarana prasarana yang memadai. akan tetapi motivasi guru dalam mengelola kelas tidak sama sehingga dalam penerapan pengelolaan kelas belum maksimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengelolaan kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jul 2009 07:23
Last Modified: 16 Nov 2010 13:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3550

Actions (login required)

View Item View Item