Suhariyanto, Sri and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2015) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (213kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (619kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (209kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Surakarta melalui pembelajaran kontekstual. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas.Siswa kelas VIII B sebagai penerima tindakan dan guru matematika sebagai pemberi tindakan.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang menunjukan adanya peningkatan aktivitas siswadapat dilihat dari 1) siswa yang memperhatikan guru pada saat kegiatan belajar mengajar dari (33,3%) meningkat menjadi (78,79%),2) siswa yang berani bertanya tentang materi yang belum dipahami dari (6,0%) meningkat menjadi (66,67%), 3) siswa yang berani menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain dari (15,2%) meningkat menjadi (60,61%), 4) siswa yang mengerjakan soal kedepan kelas dari (9,1%) meningkat menjadi (63,64%). Adanya peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari 1) siswa yang mendapat nilai KKM > 80 dari (39,3%) meningkat menjadi (81,82%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kontekstual, aktivitas, hasil belajar, pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SRI SUHARIYANTO |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 07:25 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 14:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35455 |
Actions (login required)
View Item |