Dwi Jayanti, Ida Rusiana and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2015) Pengaruh Pendekatan Problem Posing Pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pokok Bahasan Balok Kelas Viii Smp Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (137kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
3. HALAMAN DEPAN.pdf Download (289kB) |
|
PDF (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
|
PDF (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
|
PDF (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Problem Posing pada kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB. Penelitian dilakukan di SMP N 2 Kartasura dengan menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa, yaitu 31 siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui pre tes dan pos tes. Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis variansi dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pendekatan Problem Posing dengan pendekatan konvensional terhadap hasil belajar matematika. Pengujian hipotesis menunjukkan F > F (F = 3,742 > F = 2,39). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pendekatan Problem Posing dengan pendekatan konvensional. Dengan demikian, ada perbedaan antara pendekatan Problem Posing dengan pendekatan konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 2 Kartasura tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ida Rusiana Dwi Jayanti |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 07:09 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 14:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35438 |
Actions (login required)
View Item |