Lestari, Umi and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2015) upaya meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok b melalui metode pembelajaran eksperimen di tk darul hikmah sragen tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf Download (433kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (790kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (195kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
PDF (bAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Naskah Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada anak melalui metode pembelajaran eksperiment di kelompok B TK Darul HikmahPungkruk,Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Sebelum diadakan penelitian, kemampuan kognitif anak kurang dan guru sudah menggunakan berbagai metode pembelajaran.membaca. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan kognitif pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Darul Hikmah yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan catatan lapangan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui 2 siklus, yang terdiri dari empat kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini diharapkan dengan metode pembelajaran eksperiment dapat meingkatkan kemampuan kognitif anak di TK Darul Hikmah Punkruk,Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif pada anak di TK Darul Hikmah. Sebelum dilakukan penelitian ini kemampuan kognitif di TK Darul Hikmah masih rendah. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menggunakan metode eksperiment pada siklus I kemampuan kognitif meningkat. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui metode eksperiment dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok B TK Darul Hikmah Pungkruk,Sragen tahun pelajaran 2013/2014” terbukti kebenarannya dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | study eksperimen |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Umi Lestari |
Date Deposited: | 28 Jul 2015 06:56 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 03:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35210 |
Actions (login required)
View Item |