Budi Nugroho, Baktiar and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2015) Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran talking stick tema cita-citaku kelas iv SD Negeri 2 Simo tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (417kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
1 halaman awal.pdf Download (555kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (94kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Lampirannn.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi)
Surat Naskah Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah metode Pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa tema Cita-citaku kelas IV SD Negri 2 Simo tahun pelajaran 2014/2015?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan Motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema Cita-citaku pada siswa kelas IV dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negri 2 Simo yang berjumlah 25 siswa, subjek pelaku tindakanya itu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema Cita-citaku Subtema Aku dan Cita-citaku. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa kondisi awal 48% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 69,67% dan siklus II sebesar 83,67%. Hasil belajar pada kondisi awal 44% mengalami peningkatan pada siklus I 60 dan 100% pada siklus II. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Tema Cita-citaku kelas IV SD Negri 2 Simo Tahun Pelajaran 2014/2015
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi; hasil belajar; talking stick |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Baktiar Budi Nugroho |
Date Deposited: | 27 Jul 2015 06:23 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35074 |
Actions (login required)
View Item |