PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKAMELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA (Pada siswa kelas X SemesterII Tahun pelajaran 2008/2009 SMA Negeri 1 Kartasura)

WIJATRANTI , DYAH TIARA (2009) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKAMELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA (Pada siswa kelas X SemesterII Tahun pelajaran 2008/2009 SMA Negeri 1 Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050197.pdf

Download (30kB)
[img] PDF
A410050197.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa (2) mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa (3) mengetahui interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode dokumentasi dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik anava dua jalan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil data dengan  = 5% disimpulkan (1) terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan F¬hitung = 6,49732 (2) terdapat pengaruh kreativitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan Fhitung = 43,266 (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan Fhitung = 0,85844. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen selalu lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol, ini berlaku untuk semua tingkat kreativitas (tinggi, sedang, dan rendah).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, prestasi belajar, dan kreativitas belajar siswa.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 13 Jul 2009 07:38
Last Modified: 31 Jan 2011 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3492

Actions (login required)

View Item View Item