Hubungan Motivasi Belajar Dan Kecerdasan Intelektual Dengan Prestasi Belajar PAI Siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

Nur Cahyanti, Fety and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Maria Ulfa, S.Pd.I. (2015) Hubungan Motivasi Belajar Dan Kecerdasan Intelektual Dengan Prestasi Belajar PAI Siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.pdf

Download (429kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (BAB VI)
bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)

Abstract

Prestasi belajar PAI di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta didukung adanya motivasi belajar dan kecerdasan intelektual. Pada praktik di lapangan banyak kendala yang dihadapi siswa dalam memperoleh prestasi belajar PAI. SMP Muhammadiyah 5 Surakarta memiliki motivasi belajar dan kecerdasan intelektual yang tinggi, hal tersebut terbukti dengan beberapa prestasi yang dicapai dalam bidang akademik dan non akademik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapat kejelasan tentang besarnya hubungan motivasi belajar dan kecerdasan intelektual siswa dengan prestasi belajar PAI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yakni suatu penelitan untuk menjawab permasalahan yang memerlukan pemahaman secara mendalam dalam konteks waktu dan situasi yang bersangkutan, dilakukan secara wajar dan natural sesuai objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi, serta jenis data yang dikumpulkan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru PAI dan seluruh siswa di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan kecerdasan intelektual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam memperoleh prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yaitu motivasi belajar siswa, kecerdasan intelektual siswa, dan prestasi belajar siswa. Hubungan motivasi belajar dengan kecerdasan intelektual yaitu semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin tinggi kecerdasan intelektual siswa, begitu juga sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa, semakin rendah juga kecerdasan intelektual siswa. Hubungan antara motivasi belajar dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama dengan prestasi belajar PAI di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, kecerdasan intelektual, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Fety Nur Cahyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 02:10
Last Modified: 12 Oct 2021 13:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34859

Actions (login required)

View Item View Item