Identifikasi Materi Praktikum Mahasiswa Pendidikan Biologi UMS 2014/2015 dalam Implementasi Kurikulum 2013

Mulyani, Dwi and , Dra. Hariyatmi, M.Si. (2015) Identifikasi Materi Praktikum Mahasiswa Pendidikan Biologi UMS 2014/2015 dalam Implementasi Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
2.NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (459kB)
[img] PDF (HALAMAN JUDUL)
3.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (BAB V)
8.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
1.SURAT PERNYATAAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan Biologi merupakan bagian dari pendidikan sains dan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah yang diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan nasional yang ada. Upaya Program Studi Pendidikan Biologi dalam mencapai tujuan pendidikan nasional Kurikulum 2013 adalah dengan memberikan bekal materi praktikum kepada mahasiswa. Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi bagaimana kesiapan materi praktikum mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS dalam Implementasi Kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan teknik analisis data triangulasi, yaitu proses mencari dan menyusun secara sistematis dan menjabarkan ke dalam unit-unit dari data yang diperoleh hasil wawancara dosen pengampu, data jenis dan materi praktikum di Laboratorium Biologi FKIP UMS 2014/2015 yang kemudian dipadukan dengan materi praktikum IPA SMP Kelas VIII. Hasil identifikasi yang diolah menggunakan analisis triangulasi diketahui bahwa 25 materi (17,24%) materi praktikum biologi UMS masuk kategori ada dan sesuai dengan materi praktikum IPA SMP Kelas VIII Kurikulum 2013; 77 materi (53,10%) materi praktikum biologi UMS masuk kategori ada untuk pengayaan; dan 43 materi (29,66%) materi praktikum SMP Kelas VIII masuk kategori belum ada, artinya materi praktikum tersebut belum dipraktikumkan di Laboratorium Biologi UMS, hal ini karena materi IPA SMP Kelas VIII juga mengkaji bidang lain selain biologi, yaitu fisika dan kimia, sedangkan Program Pendidikan Biologi UMS lebih memfokuskan pada bidang kajian biologi dan pengayaannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan biologi, materi praktikum, kurikulum 2013, SMP kelas VIII.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dwi Mulyani
Date Deposited: 24 Jul 2015 06:07
Last Modified: 10 Oct 2021 03:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34836

Actions (login required)

View Item View Item