Kuncoro , Sondang (2009) ANALISIS KINERJA DAN TARIF BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (Studi kasus Bus Executive PO. Yessoe Jurusan Pangkalan Bun – Palangka Raya). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
D100030002.pdf Download (38kB) |
|
PDF
D100030002.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
Abstract
Bus sebagai salah satu sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan pokok masyarakat yang keberadaanya memerlukan penanganan secara baik dan benar. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Secara lengkap penelitian ini dilakukan untuk menganalisa kinerja dari aspek pelayanan antara lain kecepatan, waktu sirkulasi, faktor muat, ketersediaan armada, dan tarif berdasarkan biaya operasional kendaraan bus jurusan Pangkalanbun – Palangkaraya khususnya bus executive PO. Yessoe. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diberikan oleh perusahaan otobus Yessoe yang diberikan selama satu bulan terhitung mulai tanggal 5 November – 6 Desember tahun 2008 yang mencakup jumlah naik dan turun penumpang, jumlah armada, jumlah putaran (siklus), jarak tempuh, komponen BOK, rute angkutan, jadwal pemberangkatan, waktu tiba diterminal tujuan, serta tarif yang diberlakukan oleh PO. Yessoe untuk bus executive. Analisis yang dilakukan didasarkan pada Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum dalam Trayek Tetap dan Teratur yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Darat tahun 1996. Berdasarkan analisa diketahui load factor bus executive PO. Yessoe adalah 63,63%, apabila diukur berdasarkan standar yang ditetapkan sebesar 70%-100% maka load factor PO. Yessoe tidak memenuhi standar, kecepatan rata-rata bus PO. Yessoe executive adalah 35,77 km/jam yang masih memenuhi standar yaitu 20-40 km/jam, time headway PO. Yessoe dilapangan sebesar 540 menit, waktu sirkulasi bus PO. Yessoe executive 2.843,46 menit, biaya operasional kendaraan untuk bus PO. Yessoe executive sebesar Rp. 5.379,26/km dan tarif berdasarkan BOK sebesar Rp. 93.000,00 / penumpang sedangkan tarif di lapangan sebesar Rp. 120.000,00 / penumpang dengan jarak tempuh 430 km. Dari hasil analisis dapat dilihat bahwa load factor tidak memenuhi standar yang ditentukan, dari hasil perhitungan tarif Perusahaan masih mendapat keuntungan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisa, kinerja, tarif, biaya operasional kendaraan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 10 Jul 2009 08:49 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 14:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3467 |
Actions (login required)
View Item |