Indrayani, Indrayani and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2015) Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Diskusi Dan Simposium Dalam Pembelajaran IPS Materi Letak Wilayah Indonesia Kelas VII SMP Negeri 3 Teras Boyolali 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah publikasi.pdf Download (784kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (815kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
Abstract
Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Teras Boyolali Desa Tawangsari Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali. Setiap proses pembelajaran harus memperhatikan setrategi yang akan digunakan agar pembelajaran berjalan dengan aktif dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi Diskusi dan Simposium pada materi letak wilayah Indonesia kelas VII SMP Negeri 3 Teras Boyolali Tahun 2014/2015. Metode penelitian ini adalah eksperimen siswa kelas VII A sampai VII F SMP Negeri 3 Teras Boyolali dengan jumlah sebanyak 183 siswa. Keenam kelas tersebut terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen sebanyak 4 kelas dalam proses pembelajarannya menggunakan strategi Diskusi dan Simposium. Sedangkan kelas kontrol sebanyak 2 kelas dalam proses pembelajarannya menggunakan strategi konvensional seperti ceramah. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) penggunaan strategi Diskusi dan Simposium pada materi letak wilayah Indonesia kelas VII SMP Negeri 3 Teras Boyolali menunjukan peningkatan hasil pembelajarannya yaitu sebesar 15,66% dari hasil pretest 42,17 menjadi 57,83 pada nilai post-testnya. (2) Strategi Diskusi dan Simposium mempunyai peningkatan hasil belajar 15,66% , strategi konvensional mempunyai peningkatan hasil belajar 9,18% sehingga strategi Diskusi Dan Simposium lebih efektif dibandingkan dengan strategi konvensional. Berdasarkan uji wilcoxon terdapat nilai signifikan 0,000 sehingga ada perbedaan, kemudian uji mann whitney terdapat nilai signifikan 0,000 sehingga data tersebut ada pengaruh yang signifikan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Diskusi, Strategi Simposium, efektivitas, peningkatan hasil pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Indrayani |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 02:51 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34629 |
Actions (login required)
View Item |