Hartari, Fahmi and , Dr. Darsinah, M. Si (2015) Meningkatkan Disiplin Anak Melalui Permainan Memimpin Bergilir Pada Anak Kelompok A Di RA Anak Sholeh Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (naskah publikasi)
naskah publikasi.pdf Download (408kB) |
|
PDF (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (439kB) |
|
PDF (bab I)
BAB I.pdf Download (126kB) |
|
PDF (bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
PDF (bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
PDF (bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
|
PDF (bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
PDF (surat pernyataan publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan disiplin anak melalui permainan memimpin bergilir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan pendidik. Data yang dikumpulkan adalah data tentang kemampuan disiplin anak dan data tentang pembelajaran dengan meggunakan permainan memimpin bergilir. Data tentang kemampuan disiplin anak dikumpulkan melalui teknik observasi partisipatif dan catatan lapangan. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan teknik komparatif yaitu membandingkan rata-rata kemampuan disiplin anak dengan indikator kinerja setiap siklus. Sedangkan data tentang pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan permainan memimpin bergilir dikumpulkan melalui teknik observasi terstruktur. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan teknik interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan disiplin anak sebelum tindakan sampai dengan siklus III menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan 34,42%, siklus I mencapai 55%, siklus II mencapai 75%, dan siklus III mencapai 84,58%. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa permainan memimpin bergilir dapat meningkatkan disiplin anak di RA Anak Sholeh Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin, Memimpin Bergilir |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahmi Hartari |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 06:07 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 03:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34556 |
Actions (login required)
View Item |