Meningkatkan Disiplin Anak Melalui Permainan Memimpin Bergilir Pada Anak Kelompok A Di RA Anak Sholeh Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2013 / 2014

Hartari, Fahmi and , Dr. Darsinah, M. Si (2015) Meningkatkan Disiplin Anak Melalui Permainan Memimpin Bergilir Pada Anak Kelompok A Di RA Anak Sholeh Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (naskah publikasi)
naskah publikasi.pdf

Download (408kB)
[img] PDF (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (439kB)
[img] PDF (bab I)
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] PDF (surat pernyataan publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan disiplin anak melalui permainan memimpin bergilir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan pendidik. Data yang dikumpulkan adalah data tentang kemampuan disiplin anak dan data tentang pembelajaran dengan meggunakan permainan memimpin bergilir. Data tentang kemampuan disiplin anak dikumpulkan melalui teknik observasi partisipatif dan catatan lapangan. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan teknik komparatif yaitu membandingkan rata-rata kemampuan disiplin anak dengan indikator kinerja setiap siklus. Sedangkan data tentang pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan permainan memimpin bergilir dikumpulkan melalui teknik observasi terstruktur. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan teknik interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan disiplin anak sebelum tindakan sampai dengan siklus III menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan 34,42%, siklus I mencapai 55%, siklus II mencapai 75%, dan siklus III mencapai 84,58%. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa permainan memimpin bergilir dapat meningkatkan disiplin anak di RA Anak Sholeh Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Memimpin Bergilir
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Fahmi Hartari
Date Deposited: 09 Jul 2015 06:07
Last Modified: 08 Oct 2021 03:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34556

Actions (login required)

View Item View Item