Peranan Cabang Muhammadiyah dalam Pengembangan Pendidikan Islam (Studi Empiris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Colomadu Karanganyar Tahun 2005-20015)

Wahid, Syifaul and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag and , Drs. M. Yusron, M.Ag (2015) Peranan Cabang Muhammadiyah dalam Pengembangan Pendidikan Islam (Studi Empiris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Colomadu Karanganyar Tahun 2005-20015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)

Abstract

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Colomadu merupakan kesatuan ranting-ranting Muhammadiyah yang ada di wilayah Colomadu Karanganyar. Sejak berdirinya, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Colomadu Karanganyar aktif menjalankan funsinya sesuai dengan syarat-syarat berdirinya sebuah Cabang Muhammadiyah, terutama dalam hal pengembangan pendidikan Islam. Oleh karena itu, bagaimanakah peranan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Colomadu dalam pengembangan pendidikan Islam dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peranan Cabang Muhammadiyah Colomadu dalam pengembangan pendidikan Islam serta mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Sedangkan manfaat penelitian adalah sumbangan pengetahuan dan pemikiran kepada akademisi maupun berbagai pihak terkait upaya pengembangan pendidikan Islam di masyarakat; dan dapat dijadikan bahan pertimbangan dan masukan, khususnya bagi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Colomadu Karanganyar dalam mengembangkan pendidikan Ialam di masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Colomadu Karanganyar, dokumen, serta buku-buku. Untuk pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa peranan sebagai pemberi pedoman pada jalur pendidikan formal, yaitu memberikan kurikulum Keislaman yang dijabarkan ke dalam mata pelajaran agama. Pada jalur pendidikan non formal, memberikan materi-materi Keislaman sebagai pedoman. Pada jalur pendidikan informal menanamkan nilai keislaman melalui berbagai kegiatan sosial. Peranan sebagai penjaga pada jalur pendidikan formal, yaitu memberikan kurikulum agar peserta didik terhindar dari perilaku yang menyebabkan perpecahan. Pada jalur pendidikan non formal, memberikan materi-materi dalam kegiatan kajian maupun pengajian dalam bentuk terbatas dan sifatnya tematik. Pada jalur informal pada masyarakat, dengan menanamkan nilai Keislaman berupa kebersamaan dan persatuan agar tidak terjadi gejolak perpecahan. Peranan sebagai pengontrol pada jalur pendidikan formal dengan memasukkan kerikulum Keislaman ke dalam lembaga pendidikan. Pada jalur pendidikan nono formal, mengontrol perilaku masyarakat melalui berbagai kegiatan kajian dan pengajian agar sesuai dengan ajaran agama. Sedangkan pada jalur pendidikan informal, menanamkan nilai empati dan mengasihi sesama. Faktor pendukung pengembangan pendidikan Islam di Colomadu, yaitu adanya manajemen yang baik dalam mengelola organisasi dan lembaga pendidikan di bawahnya, antusiasme warga Muhammadiyah sangat baik, dan motivasi pengurus dalam memajukan persyarikatan. Sedangkan faktor penghambat, yaitu kantor yang tidak efektif, perkaderan belum maksimal, pengurus yang kurang fokus menjalankan tugas, kurangnya wawasan Muhammadiyah karyawan di beberapa amal usaha, dan masalah pendanaan dalam mengadakan beberapa kegiatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan, Pengembangan Pendidikan, Cabang Muhammadiyah.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: SYIFAUL WAHID
Date Deposited: 09 Jul 2015 03:17
Last Modified: 06 Oct 2021 13:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34480

Actions (login required)

View Item View Item