Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Kegiatan Outbound Pada Anak Usia Dini Kelompok Bermain Pelangi Ceria Jirapan Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015

SABRINA, Ayu and , Ilham Sunaryo, M.Pd.AUD (2015) Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Kegiatan Outbound Pada Anak Usia Dini Kelompok Bermain Pelangi Ceria Jirapan Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (490kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN-ayu.pdf

Download (327kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Surat pernyataan publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kedisiplinan anak perlu ditingkatkan dengan kegiatan yang asyik dan menyenangkan, salah satu cara untuk meningkatkan kedisiplinan anak melalui kegiatan outbound. Salah satu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui kegiatan outbound dapat meningkatkan kedisiplinan anak Kelompok Bermain Pelangi Ceria Jirapan Masaran Sragen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak Kelompok Bermain Pelangi Ceria Jirapan Masaran Sragen yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan guru pendamping. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triagulasi. Teknik analisis data dengan perbandingan tetap dengan langkah meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kedisiplinan anak melalui kegiatan outbound yakni prasiklus 49%, siklus I 63% dan siklus II 83%. Berdasarkan data diatas dapat ditarik kesimpulan melalui metode outbound dapat meningkatakan kedisiplinan anak Kelompok Bermain Pelangi Ceria Jirapan Masaran Sragen Tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Metode outbound
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ayu Sabrina
Date Deposited: 27 Jul 2015 02:36
Last Modified: 08 Oct 2021 03:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34477

Actions (login required)

View Item View Item