LAKSONO, DWI and , Drs. Suwarno, S.H, M.Pd., (2015) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tema Pengalamanku Melalui Permainan Balok Cuisenaire Siswa Kelas I Sd Negeri Jetis 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN AWAL.pdf Download (595kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (516kB) |
Abstract
Penelitan Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah penerapan permainan Balok Cuisenaire dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tema Pengalamanku siswa kelas I SD Negeri Jetis 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelaaran 2014/2015?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tema Pengalamanku siswa kelas I SD Negeri Jetis 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2014/2015 melalui permainan Balok Cuisenaire. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas I SD Negeri Jetis 01 yyang berjumlah 24 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Tema Pengalamanku. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa kondisi awal sebesar 47,09% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 67,38% dan siklus II sebesar 90,57%. Hasil belajar pada kondisi awal sebesar 43,47% juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 69,56% dan pada siklus II sebesar 95,65%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan Balok Cuisenaire dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tema Pengalamanku siswa kelas I SD Negeri Jetis 01 tahun pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Hasil belajar, Balok Cuisenaire. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1508 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2015 07:42 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 11:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34394 |
Actions (login required)
View Item |