Upaya Meningkatkan Kreativitas Melalui Teknik Mozaik Pada Anak Kelompok B Di TJ Mutiara Ilmu Klaten Tahun Ajaran 2014/2015

Miameita, Yayan and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2015) Upaya Meningkatkan Kreativitas Melalui Teknik Mozaik Pada Anak Kelompok B Di TJ Mutiara Ilmu Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (337kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (560kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
SUREAT PERNYATAAN PUBLIKASI KAERYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)

Abstract

Teknik mozaik adalah membuat karya dengan menempelkan benda-benda kecil berwarna menjadi bentuk gambar yang diinginkan. Teknik mozaik adalah salah satu cara peningkatkan kreativitas anak. Faktanya di Taman Kanak-kanak menunjukkan bahwa, guru kurang memperhatikan mutu pembelajaran yang menyenangkan dalam meningkatkan kreativitas anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui teknik mozaik pada anak kelompok B di TK Mutiara Ilmu Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan proses kerja 2 siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek peneliti adalah guru dan 13 anak kelompok B TK Mutiara Ilmu Klaten. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan metode teknik mozaik dapat meningkatkan kreativitas anak TK Mutiara Ilmu Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Adapun peningkatan rata-rata prosentase kreativitas anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni prasiklus 41,1%, siklus I 61,05%, siklus II 85,57%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan kreativitas melalui teknik mozaik di TK Mutiara Ilmu Klaten tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas. Teknik Mozaik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Yayan Miameita
Date Deposited: 07 Jul 2015 02:54
Last Modified: 08 Oct 2021 03:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34372

Actions (login required)

View Item View Item