Miameita, Yayan and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2015) Upaya Meningkatkan Kreativitas Melalui Teknik Mozaik Pada Anak Kelompok B Di TJ Mutiara Ilmu Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (337kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (560kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (559kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
SUREAT PERNYATAAN PUBLIKASI KAERYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
Abstract
Teknik mozaik adalah membuat karya dengan menempelkan benda-benda kecil berwarna menjadi bentuk gambar yang diinginkan. Teknik mozaik adalah salah satu cara peningkatkan kreativitas anak. Faktanya di Taman Kanak-kanak menunjukkan bahwa, guru kurang memperhatikan mutu pembelajaran yang menyenangkan dalam meningkatkan kreativitas anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui teknik mozaik pada anak kelompok B di TK Mutiara Ilmu Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan proses kerja 2 siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek peneliti adalah guru dan 13 anak kelompok B TK Mutiara Ilmu Klaten. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan metode teknik mozaik dapat meningkatkan kreativitas anak TK Mutiara Ilmu Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Adapun peningkatan rata-rata prosentase kreativitas anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni prasiklus 41,1%, siklus I 61,05%, siklus II 85,57%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan kreativitas melalui teknik mozaik di TK Mutiara Ilmu Klaten tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas. Teknik Mozaik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Yayan Miameita |
Date Deposited: | 07 Jul 2015 02:54 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 03:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34372 |
Actions (login required)
View Item |