RIANINGSIH, LELY PRATIWI and , Drs. H. Djalal Fuadi, MM. (2015) Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (936kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf Download (815kB) |
|
PDF (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (290kB) |
|
PDF (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
PDF (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
PDF (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
|
PDF (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
1. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Surakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakaksanakan pada siswa kelas VIII tepatnya pada kelas VIII F di SMP Negeri 14 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah: Siswa kelas VIII khususnya kelas VIII F yang berjumlah 34 siswa SMP Negeri 14 Surakarta sebagai subjek penelitian yang menerima tindakan, guru IPS SMP Negeri 14 Surakarta yang bertindak sebagai subjek yang memberikan tindakan, dan peneliti yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengambil kesimpulan penelitian. Sedangkan objek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah prestasi belajar siswa pada proses pembelajaran di kelas VIII mata pelajaran IPS dengan menggunakan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, wawancara, dan observasi. Kesimpulan penelitian ini adalah pada observasi awal (pra siklus) diperoleh hasil bahwa siswa yang mencapai KKM yaitu sebesar 9 % atau sebanyak 3 siswa dari 34 siswa. Jadi sebesar 91 % atau sebanyak 31 siswa belum mampu mencapai KKM yang telah ditentukan. Kemudian dalam hasil belajar siswa melalui tes evaluasi yang dilaksanakan secara individu pada siklus I sedikit mengalami peningkatan, yaitu siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran IPS materi pasar dan harga pasar sebesar 32 % atau sebanyak 11 siswa dari 34 siswa. Karena masih banyak siswa yang belum dapat memenuhi KKM peneliti melakukan tindakan Discovery Learning pada siklus II, dengan tindakan tersebut diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dalam materi pasar dan harga pasar, yaitu sebesar 91 % atau sebanyak 31 siswa dari 34 siswa.Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa “melalui pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015”.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar IPS, Model Pembelajaran Discovery Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | lely pratiwi |
Date Deposited: | 06 Jul 2015 04:25 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 06:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34187 |
Actions (login required)
View Item |