Hadlana, Teguh and , Drs. Djumadi, M.Kes (2015) Implementasi kurikulum 2013 ditinjau dari instrumen penilaian terhadap kesesuaian pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII pada mata pelajaran IPA SMP Negeri se-Kecamatan Mojosongo tahun ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (292kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (640kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (158kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT KETERANGAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji: Bagaimana implementasi kurikulum 2013 ditinjau dari instrumen penilaian terhadap kesesuaian pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII kendala yang ditemui dan solusi yang dapat ditempuh untuk mengefektifkan implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA SMP Negeri se-Kecamatan Mojosongo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan instrumen penilaian termasuk kategori sangat baik. Hasil observasi penerapan penilaian secara keseluruhan diperoleh hasil 79,62%. Hasil guru A (72,5%), guru B (79%), guru C (82,25) dan guru D (79,75). Kesimpulan penelitian ini adalah Instrumen penilaian yang diterapkan saat pembelajaran di kelas VIII pada mata pelajaran IPA SMP Negeri Se-Kecamatan Mojosongo tahun ajaran 2014/2015 termasuk kategori sangat baik (79,62). Kendala yang menghambat pelaksanaan penilaian pembelajaran timbul karena keterbatasan waktu, administrasi yang rumit dan dari pihak guru yang belum paham mengenai penilaian serta dari pihak siswa yang belum sadar untuk belajar. Solusi untuk mengefektifkan penerapan instrumen penilaian antara lain: guru harus menerapkan strategi pembelajaran yang efektif, guru hendaknya mempelajari kurikulum 2013 dengan baik dan guru hendaknya lebih giat untuk memotivasi siswa agar sadar untuk belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum 2013, instrumen penilaian, mata pelajaran IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Teguh Hadlana |
Date Deposited: | 29 Jun 2015 08:01 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 04:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33770 |
Actions (login required)
View Item |