Implementasi kurikulum 2013 ditinjau dari instrumen penilaian terhadap kesesuaian pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII pada mata pelajaran IPA SMP Negeri se-Kecamatan Mojosongo tahun ajaran 2014/2015

Hadlana, Teguh and , Drs. Djumadi, M.Kes (2015) Implementasi kurikulum 2013 ditinjau dari instrumen penilaian terhadap kesesuaian pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII pada mata pelajaran IPA SMP Negeri se-Kecamatan Mojosongo tahun ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (292kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (640kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT KETERANGAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji: Bagaimana implementasi kurikulum 2013 ditinjau dari instrumen penilaian terhadap kesesuaian pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII kendala yang ditemui dan solusi yang dapat ditempuh untuk mengefektifkan implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA SMP Negeri se-Kecamatan Mojosongo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan instrumen penilaian termasuk kategori sangat baik. Hasil observasi penerapan penilaian secara keseluruhan diperoleh hasil 79,62%. Hasil guru A (72,5%), guru B (79%), guru C (82,25) dan guru D (79,75). Kesimpulan penelitian ini adalah Instrumen penilaian yang diterapkan saat pembelajaran di kelas VIII pada mata pelajaran IPA SMP Negeri Se-Kecamatan Mojosongo tahun ajaran 2014/2015 termasuk kategori sangat baik (79,62). Kendala yang menghambat pelaksanaan penilaian pembelajaran timbul karena keterbatasan waktu, administrasi yang rumit dan dari pihak guru yang belum paham mengenai penilaian serta dari pihak siswa yang belum sadar untuk belajar. Solusi untuk mengefektifkan penerapan instrumen penilaian antara lain: guru harus menerapkan strategi pembelajaran yang efektif, guru hendaknya mempelajari kurikulum 2013 dengan baik dan guru hendaknya lebih giat untuk memotivasi siswa agar sadar untuk belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kurikulum 2013, instrumen penilaian, mata pelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Teguh Hadlana
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:01
Last Modified: 11 Oct 2021 04:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33770

Actions (login required)

View Item View Item