Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD N Sambiduwur I Tanon Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015

PANDAN WANGI, PURBO SARI AJENG and , Drs. Mulyadi SK. S.H., M.Pd. (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD N Sambiduwur I Tanon Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (376kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kela IV SD Negeri Sambiduwur 1 melalui strategi pembelajaran Think Pair Share Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).. Subjek penelitian adalah guru peneliti dan siswa kelas IV sebanyak 27 siswa. Objek penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan motivasi belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh selama tindakan, dapat dijelaskan bahwa: motivasi belajar siswa pada kondisi awal sebelum tindakan adalah 33,33%, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 59,26%, pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat mencapai 92,59%.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri Sambiduwur 1 tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Strategi, Belajar, Think Pair Share (TPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 08:11
Last Modified: 10 Oct 2021 03:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33571

Actions (login required)

View Item View Item