Isnawati, Erifia Atik and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Untuk Mengoptimalkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri Gatak I Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2014 – 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf Download (913kB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (690kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi pendekatan saintifik di SD N Gatak I, (2) Penerapan pendekatan saintifik dalam mengoptimalkan motivasi belajar siswa kelas tinggi SD N Gatak I tahun ajaran 2014 – 2015, (3) Kendala – kendala dalam menerapkan pendekatan saintifik di SD N Gatak I, (4) Upaya – upaya yang dilakukan dalam meningkatkan penerapan pendekatan saintifik di SD N Gatak I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya terdiri dari : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendekatan saintifik di SD N Gatak I sudah berjalan cukup baik. Kesimpulan dalam penelititan ini adalah sebagai berikut : (1) Pembelajaran yang dilakukan di SD N Gatak I sudah menerapkan pendekatan saintifik yang mana ada kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan hasil dalam setiap kegiatan pembelajaran, (2) Dengan mengimplementasikan pendekatan saintifik dapat mengoptimalkan motivasi belajar siswa kelas tinggi SD N Gatak I tahun ajaran 2014 – 2015, (3) Dalam penerapan pendekatan saintifik masih dijumpai kendala – kendala yaitu: kegiatan diskusi membutuhkan waktu lama, sulit menyatukan materi pelajaran, dan rumitnya penilaian dalam kurikulum 2013, (4) Upaya – upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penerapan pendekatan saintifik dapat dilakukan dengan mengikuti kegiatan diklat, sosialisasi, pelatihan, dan workshop.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Kurikulum 2013, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 03:33 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33551 |
Actions (login required)
View Item |