Nugraheni, Dwi Fajar and -, Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri Jagoan 1 Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (339kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (213kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (381kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa, serta seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh variabel bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI SD Negeri Jagoan 1 yang berjumlah 60 siswa. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif, dengan variabel bimbingan belajar orang tua sebagai variabel bebas atau variabel X sedangkan prestasi belajar sebagai variabel terikat atau variabel Y. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian angket menggunakan skala Likert. Untuk uji validitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas metode Liliefors dan uji linieritas. Pada analisis data digunakan uji keberartian regresi sederhana, uji hipotesis menggunakan uji t, uji koefisien determinasi dan uji keberartian regresi. Hasil analisis regresi diperoleh Y = 12,767 + 0,755X. Untuk hasil analisis data uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung(9,045) > ttabel(2,008). Karena thitung berada di daerah penolakan H0 maka ada pengaruh yang signifikan bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar. Untuk hasil uji koofisien determinasi diperoleh r square atau r2 sebesar 0,639 yang berarti 63,9% nilai variabel Y dapat dipengaruhi oleh variabel X. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri Jagoan 1 tahun pelajaran 2014/2015, 2) pengaruh yang diberikan oleh variabel bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 63,9%, sedangkan sisanya sebesar 36,1% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan, belajar, orang tua, prestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 03:20 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33550 |
Actions (login required)
View Item |