Yuliana, Mita and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2015) Peningkatan Minat Belajar Melalui Alat Peraga Tiga Dimensi Untuk Tema “Indahnya Negeriku” Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 3 Tanjungrejo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (690kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (174kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (554kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 3 Tanjungrejo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/ 2015 melalui penggunaan alat peraga tiga dimensi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Tanjungrejo yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu periode pengumpulan, reduksi data, penyajian data (display data), dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar tematik pada siswa kelas IV melalui penggunaan alat peraga tiga dimensi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase indikator pencapaian minat belajar siswa dari pra siklus, siklus I, dan siklus II yaitu: dari 23 siswa yang ada, minat belajar tinggi pada pra siklus prosentasenya adalah 0% saja. Adapun, pada siklus I pertemuan 1 minat belajar tinggi siswa prosentasenya meningkat menjadi 8,70% dan pada pertemuan 2 juga meningkat dengan prosentase 21,74%. Selanjutnya, pada siklus II prosentase minat belajar tinggi siswa juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni 43,48% pada pertemuan 1 dan naik prosentasenya menjadi 82,60% dalam pertemuan ke-2 diakhir siklus II. Oleh karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan alat peraga tiga dimensi dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, alat peraga tiga dimensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Jun 2015 06:24 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33427 |
Actions (login required)
View Item |