Adi Putra, Oki Rizqi and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2015) Peningkatan Kreativitas Dan Ketuntasan Belajar Matematika Dengan Model Discovery Learning Berbasis Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP Negeri 11 Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (390kB) |
|
PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
9. ARTIKEL PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (303kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan model discovery learning berbasis numbered heads together pada siswa kelas VIII E SMP N 11 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru dan peneliti. Siswa kelas VIII E berperan sebagai subyek penerima tindakan, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adanya peningkatan kreativitas dan ketuntasan belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) kefasihan (mengembangkan ide-ide baru), 6,06% sebelum tindakan, setelah tindakan menjadi 50%; (2) siswa yang mendapat nilai ketuntasan belajar ≥ 71, 12,12% sebelum tindakan, setelah tindakan menjadi 60%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbasis numbered heads together dapat meningkatkan kreativitas dan ketuntasan belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas; ketuntasan belajar; discovery learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Jun 2015 03:53 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 04:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33148 |
Actions (login required)
View Item |