Penerapan Metode Ctl Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ipa Tentang Gaya Pada Siswa Kelas V Sdn Mintomulyo Kecamatan Juwana Pati Tahun 2014/2015

HARTI, HARTI and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Penerapan Metode Ctl Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ipa Tentang Gaya Pada Siswa Kelas V Sdn Mintomulyo Kecamatan Juwana Pati Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (701kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (482kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA tentang Gaya dengan penerapan metode Contextual teaching Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Mintomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan minat belajar IPA tentang gaya. Penemuan dari penelitian menunjukan : 1) Perhatian saat proses belajar sebelum tindakan 20%, pada siklus I meningkat menjadi 57,5% dan pada siklus II menjadi 81,3%. 2). Perasaan Senang sebelum tindakan 25% pada siklus I meningkat menjadi 65% dan pada siklus II menjadi 81,8%. 3). Rajin dan Tekun belajar sebelum tindakan 20%, pada siklus I meningkat menjadi 56,8% dan pada siklus II menjadi 84,3% . 4). Aktif dalam pembelajaran sebelum tindakan 20%, pada siklus I meningkat menjadi 51,2% dan pada siklus II menjadi 81,2%.Peningkatan minat belajar IPA diperkuat dengan dengan hasil belajar yaitu sebelum tindakan rata- rata nilai kelas sebesar 25%, yang mencapai KKM pada pra siklus kemudian meningkat menjadi 53,3% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 90,6% yang mencapai KKM. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan minat belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas V SDN Mintomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Tahun 2014/ 2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar IPA, CTL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 07:57
Last Modified: 10 Oct 2021 22:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33090

Actions (login required)

View Item View Item