Nilai-Nilai Moral Dalam Novel Penari Kecil Karya Sari Safitri Mohan: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di SMA Muhammadiyah 5 Blora

Noviantara, Dicky Irvan and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. (2015) Nilai-Nilai Moral Dalam Novel Penari Kecil Karya Sari Safitri Mohan: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di SMA Muhammadiyah 5 Blora. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (HAlaman Depan)
03 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (316kB)
[img] PDF (Bab I)
04 BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
05 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
06 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
07 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] PDF (Bab V)
08 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur pembangun novel Penari Kecil karya Sari Safitri Mohan, (2) mendeskripsikan nilai-nilai moral dalam novel Penari Kecil karya Sari Safitri Mohan, (3) mengimplementasikan nilai-nilai hasil penelitian sebagai bahan pembelajaran di SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dialektik, yaitu dengan menganalisis unsur pembangun novel, menganalisis nilai moral tinjauan sosiologi sastra dan mengimplementasikan nilai-nilai hasil penelitian sebagai bahan pembelajaran di SMA. Hasil penelitian dari struktur pembangun novel yaitu (1) Alur yang digunakan adalah merupakan alur maju, (2) Penokohan terdiri dari tokoh utama dan tokoh tambahan, berdasarkan sifat atau karakteristik tokoh mengandung tiga aspek yakni, fisiologis, sosiologis dan psikologis, (3) Latar menggunakan latar tempat, waktu dan sosial. Latar tempat yakni, Yogyakarta, Surakarta, Bali, Jakarta, dan Amerika Serikat. Latar waktu terjadi secara kronologis dari tahun 1970-2003 atau selama 33 tahun. Latar sosial kehidupan adalah golongan orang kaya dan sederhana, sedangkan latar sosialnya yakni, masyarakat Minangkabau, Jawa Tengah, Jakarta, Bali dan Amerika Serikat. (4) Tema. Terdapat dua tema yaitu tema mayor dan tema minor. Tema mayor menjelaskan sifat dan tanggung jawab sebagai manusia dalam kehidupan. Tema minor, kekerasan dalam rumah tangga dan perselingkuhan. Hasil analisis tersebut dapat diimplementasikan pada siswa kelas XII SMA semester genap KI: 1 sampai dengan KI: IV. KD 3.1 memahami struktur dan kaidah teks novel baik melalui lisan maupun tulisan dan KD 4.1 menginterprestasi makna teks novel baik secara lisan maupun tulisan. Berdasarkan analisis novel pada novel Penari Kecil karya Sari Safitri Mohan yakni, (1) moral kejujuran tokoh, (2) nilai-nilai otentik, (3) moral bertanggung jawab, (3) moral keberanian, (5) moral kerendahan hati, (6) moral kemandirian, dan (7) realistik dan kritik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Novel Penari Kecil, nilai-nilai moral, sosiologi sastra, implementasi.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 May 2015 08:01
Last Modified: 06 Oct 2021 14:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33089

Actions (login required)

View Item View Item