CHOTIMAH, CHUSNUL and , Drs. Budi Sutrisno, M. Pd (2015) Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Jurusan Akuntansi SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (765kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (828kB) |
Abstract
Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adanya pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap motivasi Belajar pada siswa jurusan akuntansi SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015, 2) adanya pengaruh minat belajar siswa terhadap motivasi belajar pada siswa jurusan akuntansi SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015, 3) adanya pengaruh Lingkungan keluarga dan minat belajar siswa terhadap moitivasi belajar pada siswa jurusan akuntansi SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunkan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan Akuntansi SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 140 siswa dengan sampel 100 siswa yang diambil yaitu probability sampling dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y=17,431+0,234X1+0,288X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,877 > 1,985 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 2) ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap motivasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 3,759 > 1,985 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,00; 3) ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan minat belajar siswa terhadap motivasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 17,431 > 3,074 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 38,1% dan sumbangan efektif sebesar 7,8%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 61,9% dan sumbangan efektif sebesar 12,6%. Hasil perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,204 yang berarti 20,4% motivasi belajar dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan minat belajar siswa, sisanya sebesar 79,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lingkungan keluarga,minat belajar siswa,motivasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 20 May 2015 08:12 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33045 |
Actions (login required)
View Item |